Tertawa adalah hal yang sangat sederhana. Tertawa adalah sebuah ekspresi emosi.  Dengan tertawa lepas banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat. Riset menunjukkan bahwa orang yang sering tertawa cenderung lebih sehat mentalnya dibanding mereka yang jarang tertawa. Tertawa membuat seseorang merasa dirinya menyenangkan. Tertawa juga membuat seseorang merasa santai, mengurangi rasa malu dan memerangi perasaan tertekan.

Tertawa, secara medis, juga merangsang terbentuknya “Endorfin “, sel dalam otak yang berfungsi untuk membunuh rasa sakit. Endorfin membantu tubuh terhubung satu sama lain, tertawa juga baik untuk jantung, karena mampu memperlancar aliran darah sama seperti kita berolahraga.

Dengan tertawa, seseorang juga bisa menurunkan bobot tubuhnya. Dalam satu jam, tertawa lepas dapat membantu turunkan kalori sama seperti melakukan angkat beban selama 30 menit.

Manfaat tertawa tidak hanya sampai di situ saja.  Tertawa juga membantu melawan penyakit, karena mampu meningkatkan sistem imun tubuh hingga 24 jam ke depan.

Selain baik bagi kesehatan, tertawa juga baik untuk kehidupan sosial kita. Orang yang selalu menaruh guratan senyum di wajah mereka selalu menjadi yang terpopuler di kelompoknya. Tertawa akan menghapuskan jarak dan mendekatkan hubungan 2 orang sehingga bisa tercipta komunikasi yang sehat.

Khusus untuk perempuan“Laugh a lot, and when you’re older, all your wrinkles will be in the right places.”. Hilangkan semua garis-garis penuaan kita dengan tertawa dari sekarang. (Astrid Anastasia). Tertawa bisa menggerakkan setidaknya 15 otot wajah, maka tertawa membuat kulit lebih halus dan bercahaya.

Tapi hati-hati, jangan tertawa palsu atau tertawa malu-malu karena hal itu tidak akan berdampak sama seperti ketika kita tertawa lepas.

Jadi jangan malu-malu lagi untuk tertawa. Hiduplah bahagia dengan tertawa walaupun sedang ada masalah, karena tertawa membawa banyak manfaaf bagi kita.