Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2011. Kemeriahan dan suka cita telah mulai terasa di setiap sudut. Terompet, makanan, petasan, kembang api dan pernik-pernik lain telah disiapkan. Banyak orang yang sangat antusias menunggu malam pergantian tahun 2011 ini, rencana dengan orang-orang terdekat yang telah disusun rapi sejak awal bulan ini pasti sudah mulai terealisasikan. Bahkan mereka mencari tempat-tempat yang favourite untuk merayakannya.

 

Detik-detik pergantian tahun adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk merayakan atau hanya sekedar menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat. Tapi arti penting malam pergantian tahun sedikit terkalahkan oleh perayaan-perayaan yang banyak disediakan oleh berbagai pihak yang hanya mengambil keuntungan besar dengan perayaan tersebut. Semoga saja kita tidak hanya terlena dengan perayaan malam pergantian tahun, tapi juga menjadikan perenungan yang tulus tentang apa yang telah kita lakukan di tahun ini.

 

Detik-detik pergantian tahun adalah momentum yang baik, untuk  melakukan refleksi dan mengevaluasi diri secara menyeluruh.  Saatnya kita bercermin dengan segenap kerendahan hati dan ketulusan jiwa, tentang apa yang telah kita lakukan di tahun lalu dan apa yang akan kita rencanakan di tahun mendatang.

 

Ingatlah bahwa, “Waktu adalah sesuatu yang tak terbendung, ia akan terus bergerak sekalipun kita telah lelah untuk beranjak dari tempat kita berdiri, ia akan terus melangkah ke depan sekalipun kita telah kehilangan semangat dalam mengarungi kehidupan ini”.
Tapi ini adalah realitas kehidupan, ketika kita merasa telah berjuang begitu keras, ternyata masih banyak kerikil tajam yang masih mengganjal di setiap langkah kita, ketika kita telah berupaya, masih ada kegagalan yang menghampiri kita, masih ada tangis yang mengiringi jalan kita, masih banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan kita, apalagi ketika kita memasuki tahun-tahun penuh tantangan seperti ini.

 

Tahun ini kita telah banyak melakukan perjuangan di hidup kita, dengan senyum, tawa, sedih, kecewa, marah, lelah dan berbagai perasaan yang menghiasinya. Kita boleh merasa kecewa ketika kita harus melalui kehidupan yang tidak menyenangkan, tapi inilah realitas hidup, sedih yang berkepanjangan tidak akan mengubah suatu hal yang telah kita bangun dengan tangan kita sendiri.

 

Oleh karenanya,  menyongsong tahun depan yang sudah di depan mata, ini saat yang tepat untuk kita membuat resolusi baru di dalam bekerja ataupun beraktivitas. Kita perlu mempersiapkan diri agar terus memiliki semangat untuk memperbaiki kekurangan selama satu tahun ke belakang dan menyalakan semangat untuk menghadapi tantangan tahun ke depan, agar kita memperoleh kemenangan dan kesuksesan. Saatnya kita membuat resolusi dan belajar.

 

1.  Bertanggung jawab atas kehidupanmu
Bertanggung jawab atas kehidupan mu berarti, semua perbuatan kita adalah penyebab semua kesuksesan dan kegagalan kita. Jadi apapun yang akan terjadi pada diri anda  di tahun tahun mendatang sepenuhnya terletak di tangan kita. Mulai lakukan hal hal yang anda tahu akan membuat perubahan positif dalam diri kita.

 

2.  Berhenti menyalahkan
Kita bisa menyalahkan kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, cuaca, kurangnya pendidikan, sikap atasan, orang tua, istri/suami,keadaan lalu-lintas, polusi, dan seterusnya. Hal hal tersebut memang ada, tapi jika semua itu adalah faktor penentu, tidak ada yang akan sukses. Faktanya banyak orang yang berhasil mengatasi faktor faktor yang membatasi tersebut dan mencapai sukses. Yang menghambat sukses kita adalah diri sendiri. Berhentilah membuat alasan dan menyalahkan. Bangkitlah !!

 

3.  Berhenti mengeluh
Seseorang mengeluh karena dia merasa bisa mendapatkan yang lebih baik. Orang mengeluhkan hal-hal yang dapat diubah. Setiap orang tahu matahari terbit dari Timur dan tenggelam di Barat, tetapi tidak pernah ada yang mengeluhkan hal tersebut, karena ini adalah hal yang tidak dapat diubah. Tapi sadarkah anda dengan mengeluh, semua hal hal buruk yang terjadi pada diri kita tidak akan pernah berubah? Jadi berhentilah mengeluh, mengeluh hanya akan membuat anda semakin tidak bersemangat. Ubah tindakan jika anda ingin mengubah hasilnya.

 

Resolusi tidak akan ada gunanya jika hanya sebatas di bibir, yang lebih penting adalah komitmen untuk melakukanya. Yakinlah, tahun 2012 akan lebih baik dari pada tahun 2011 yang akan segera berlalu. Ingat bahwa “Hari ini harus lebih baik dari pada kemarin, dan besok harus lebih baik dari pada hari ini”.

 

HAPPY NEW YEAR 2012, success awaits us in 2012.🙂