Breaking Dawn

Breaking Dawn merupakan seri keempat atau merupakan seri terakhir dari novel Twilight Series karya Stephenie Meyer. Dalan novel keempat ini terdapat klimaks dari cerita cinta Edward, Bella dan Jacob. Bagi para pecinta Twilight pasti tidak akan melewatkan satu kata pun dari Breaking Dawn. Namun, bagi pecinta film khususnya bagi yang tidak suka membaca novel dengan halaman tebal, mereka masih harus menunggu film layar lebar yang diadaptasi dari novel Breaking Dawn dengan judul yang sama.

Bella dan Edward menikah, tapi bulan madu mereka terpotong setelah Bella mengetahui bahwa dirinya hamil. Kehamilannya berjalan amat cepat dan membuat Bella menjadi lemah. Ia hampir meninggal saat melahirkan putrinya yang setengah manusia dan setengah vampir, Renesmee, tetapi Edward menyuntikkan racunnya langsung ke jantung Bella sehingga berubah menjadi seorang vampir. Irina, vampir dari clan Denali tanpa sengaja melihat Renesmee dan Jakob saat dia berada di Forks. Lalu ia pun menyangka Renesmee sebagai “immortal child”–anak yang diciptakan oleh vampir.(Dalam dunia vampir, penciptaan anak-anak vampir sangat dilarang demi menjaga kerahasiaan mereka). Kemudian Irina melaporkan hal tersebut langsung kepada Klan Volturi.

Merasa was-was, Keluarga Cullen pun mengumpulkan vampir-vampir yang dapat menjadi saksi bahwa Reneesme bukan “immortal child”. Berkat daya tarik Renesmee yang membuat semua vampir terpikat dan didukung dengan kemampuannya memperlihatkan semua yang ia alami hanya dengan menyentuh, maka mereka (para saksi) pun mengerti dan mau mendukung keluarga Cullen. Selain itu, sebagian dari mereka rela bertarung di pihak Cullen kalau diperlukan.

Alice yang pergi bersama dengan Jasper pun kembali tepat pada saat Klan Voltury mulai menyerang Keluarga Cullen dan saksi-saksinya. Ia membawa bukti hidup keberadaan vampir sejenis Renesmee. Disaat yang sama, kekuatan Bella sebagai perisai adalah penolong kelompok Cullen karena menangkis segala serangan yang dilancarkan oleh Jane dan Alec. Dengan bukti hidup itulah keluarga Cullen dibebaskan dan hidup tenteram selama-lamanya.

Dalam novel ini sudut pandang sempat beralih kepada sudut pandang Jacob, yang menceritakan bagaimana kehidupan Jacob saat menemani Bella yang sedang sekarat dan bagaimana dia bernafsu membunuh Renesmee yang menurut Jacob telah membunuh Bella tetapi akhirnya Jacob malah mencintai Renesmee dan melindunginya mati-matian. Akhir cerita yang indah bagi kisah cinta romantis antara dua dunia yang berbeda…^.^