Program Pengalaman Lapangan (PPL)

Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester VII di FKIP UMS. Kegiatan PPL mencakup praktik pembelajaran dan praktik persekolahan, serta diharapkan mampu membentuk kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi guru yang profesional.

Pendidikan dalam arti sederhana adalah semua orang yang dapat membantu perkembangan kepribadian seseorang dan mengarahkannya pada tujuan pendidikan. Menekuni bidang profesi guru berarti seseorang harus menyadari bahwa tugas utamanya disamping mengajar juga mendidik. Seorang guru yang mengajar bukan hanya sekedar menekankan pada penguasaan pengetahuan dan skill saja, tetapi lebih dari itu harus dapat membawa kepada proses perkembangan kepribadian ke arah yang lebih sempurna dan terpadu. Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP N 1 Kartasura oleh para mahasiswa jurusan pendidikan matematika FKIP UMS memberi kesempatan untuk menjadi calon guru yang profesional dan membantu menjadi calon guru yang bertanggung jawab terhadap nilai-nilai etis dari ilmu-ilmu yang diajarkan, nilai-nilai budi pekerti dan kepribadian yang manusiawi.

PPL (Program Pelatihan Lapangan) ini bagi kami (mahasiswa) memberikan pengalaman dan referensi mengajar dari guru – guru senior yang sudah lama memiliki pengalaman mengajar. Dengan pengalaman dan juga referensi yang kita dapat dalam kegiatan PPL ini diharapkan membentuk kami sebagai calon guru yang nantinya menjadi guru yang profesional yang dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai guru.

Tujuan dilaksanakan PPL agar setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan mahasiswa memilki pengetahuan dan ketrampilan dan sikap sesuai dengan SKGP. Standar Kompetensi yang dapat dicapai para mahasiswa, yaitu : penguasaan bidang studi, pemahaman tentang peserta didik, penguasaan pembelajaran yang mendidik dan pengembangan kepribadian dan keprofesioanalan. Dengan Standar kompetensi tersebut diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan dalam pelaksanaan pembelajaran, baik dijalur sekolah formal atau nonformal.