WONOGIRI

 

Wonogiri adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Arti kata Wonogiri berasal dari kata Wono yang berarti gunung dan Giri yang berarti Hutan, yang dapat diartikan dengan “Hutan di Gunung”. Dari arti kata nama Wonogiri dapat diketahui bahwa tekstur kabupaten ini banyak dikelilingi oleh gunung dan hutan. Kabupaten Wonogiri terdiri dari 25 kecamatan dengan luas daerah kurang lebih 1.822 km2. Semboyan dari Kabupaten Wonogiri adalah SUKSES, dengan semboyan ini para warga wonogiri menjalankan aktifitas mereka.

Di Kabupaten Wonogiri terdapat banyak tempat wisata yang saying untuk dilewatkan, diantaranya : Waduk Gajah Mungkur, Girimanik, Pantai Nampu, Pantai Sembukan, Museum Wayang Kulit, Sendang Siwani, Gua Putri Kencono. Wonogiri adalah satu-satu nya kabupaten di wilayah Surakarta yang memiliki wisata pantai.

Pantai Nampu sangat elok dan alami dengan hamparan pasir putih dan pantai yang sangat panjang cocok untuk rekreasi keluarga yang tidak kalah indah dengan panati yang ada di wilayah yogyakarta. Disamping pantai Nampu juga tidak kalah eloknya adalah pantai sembukan

Selain wisata alamnya yang indah, di Wonogiri juga terdapat makanan khas yang unik. Diantaranya adalah Tiwul, Emping Melinjo, kacang Mete, Cabuk, Pindang serta serabi. Selain itu bakso dan mie ayam asal Wonogiri mempunyai cita rasa yang sangat enak, sehingga sudah terkenah hingga di luar Wonogiri.

Wonogiri juga mempunyai motif batik yang unik dan berbeda dengan motif batik dari daerah lain. Motif batik ini sering disebut dengan Batik Wonogiren. Dengan motif khas yaitu retakan atau remukan yang berasal dari motif alam, misalnya jenis tanaman dan serat kayu.

Dengan keindahan alam dan berbagai hasil karya khas yang unik dan menarik, Wonogiri menjadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi…^.^